Monday, October 8, 2007

MAu SekoLAh Pa Mau BeRanTem


Berantem Lagi

Gila bro, hari gini masih ada pelajar dan mahasiswa yang berantem???? Diajarin apa ya di kampus n disekolahnya. Yang lebih memalukan adalah yang berantem itu sekolah-sekolah, dan universitas ternama, sebut saja namanya SMA 6 dan 70 dan Universitas Kristen Indonesia dan YAI ( bro, ini bukan sebut saja, ini udah jadi tersangka) Dari berita yang gue denger sich, katanya ga ada alasan yang berarti buat berantem bahkan ga ada yang tahu apa alasannya. Tiba-tiba DHHHHUUUUUEEERRR berantem deh. Antara SMA 6 dan SMA 70 perkelahian ga ngerti kenapa tahu-tahu berantem. Sedang kedua universitas yang disebut diatas berantem karena (katanya sich) uda tradisi setiap penerimaan mahasiswa baru. Acara inisiasi kepada mahasiswa baru. Kenapa ini masih bisa kejadian ya?? Hehehe aneh juga….

Mungkin yang bisa kita tanyakan adalah, dimana peranan sekolah?? Apa sich yang diajarin disekolah, pertanyaan kemudian yang berkembang adalah dimana perenan guru, dosen, apa mereka menutup mata dengan keadaan ini? Lalu dimana peranan sekolah?? Kok ga bersuara ya?? Apa ga ada aturan dilarang berantem ya?? Emmm kalo menurut gue sich, berantem itu uda bentuk kriminalitas dan harus ditindak, sekolah, polisi atau aparatur Negara harus bertindak nih ga bisa tutup mata gitu aja. Harus buat aturan tegas, kalo perlu yang ikut tawuran dikeluarin. Ga bisa ditolerir. Banyak dari kita geram melihat kekerasan di IPDN bahkan banyak dari kedua sekolah itu dan kedua universitas itu juga geram kan, tapi kok mereka mengikuti jejak IPDN ya???




Polisi, emm bisa disalahin ga ya?? Untuk kali ini gue ngebela polisi. Yah, walaupun mereka juga ada salahnya kenapa Cuma nerjunin sedikit orang ya ?? tapi gue kasihan ma mereka, gue yakin mereka bingung mau nindaknya gimana. Kalo mukul ntar diaduin ke komnas HAM, kalo Cuma ngomong doang ya ga didenger, lah wong dikasih tembakan peringatan juga ga digubris hehehehe. Padahal menurut gue kalo polisi mukul (dalam kasus ini) bisa dibenarkan, kenapa ? ya karena mereka juga butuh melindungi diri, sebabnya mereka juga dipukul ma yang berantem.

Wah apa lagi ya yang harus gue tulis…. Sedih iya, gue menerawang kedepan sich, gue ga ngebanyangin gimana masa depan Indonesia kalo di isi sama orang yang berantem terus padahal mereka itu pilar-pilar masa depan Negara. Ga kebanyang sich gimana kalo pilar-pilar negaranya malah mau ambruk ya ga usah ditanya dan diragukan lagi bagaimana masa depan Negara ini

1 comment:

louhan said...

masalah tawuran di indonesia sepertinya mrpkn satu masalah yang kompleks, butuh waktu yang lama utk memperbaiki moral dan mental manusianya.
usia2 remaja memang masa yang rentan, dimana mental sso blm matang, bahkan mereka lagi masa2nya cari identitas diri..
udah gitu, ditambah lagi dgn karakter dari bangsa indonesia yg gampang di adu domba, gampang tersulut dan punya karakter emosi yang terpendam..
jadi ketika faktor remaja dan faktor karakter menjadi satu masalah memang cepaat untuk timbul.
YAng bisa dilakukan adalah mencegah atau mengendalikan mereka, dan tugasnya orang2 terpelajar yang punya pendidikan dan pengetahuan juga mental yang kuatlah yg harusnya punya andil dalam men-terapi bangsanya tersebut.